Objek Wisata Di Tapanuli Utara

0



Kabupaten Tapanuli Utara memiliki berbagai potensi alam, budaya dan sejarah yang dapat digali serta dilestarikan menjadi salah satu asset dalam mendukung pengembangan sektor pariwisata, Potensi tersebut berhubungan dengan daya tarik dan nilai obyek wisata yang tersebar di beberapa kecamatan yang terdiri dari oebyek wisata rohani atau agama, wisata alam atau rekreasi, sejarah dan budaya, obyek wisata hutan atau kebun


Lokasi
1 Panorama Alam Hutaginjang
Wisata alam
Muara
2
Pantai Muara
Wisata alam Muara
3
Air Soda di Parbubu
Wisata alam Tarutung
4
Air Panas di Hutabarat
Wisata alam Tarutung
5
Air Panas Saitnihuta
Wisata alam Tarutung
6
Air Panas Ugan
Wisata alam Tarutung
7
Air Panas Sipoholon
Wisata alam Sipoholon
8
Pacuan Kuda Siborongborong
Wisata alam Siborongborong
9
Sopo Partungkoan
Wisata Budaya Tarutung
10
Gua Natumandi
Wisata Budaya/Sejarah
Tarutung
11
Situs Hindu Hopong
Wisata Budaya/Sejarah Simangumban
12
Salib Kasih Siatas Barita
Wisata Rohani
Siatas Barita
13
Makam Munson dan Leman
Wisata Rohani Adiankoting
14
Kantor Pusat HKBP
Wisata Rohani Pea Raja - Tarutung
15
Seminarium Sipoholon
Wisata Rohani
Saitnihuta Tarutung
16
Tugu Nommensen
Wisata Rohani
Saitnihuta-Tarutung
17
Onan Sitahurung
Wisata Rohani
Saitnihuta-Tarutung
18
Gereja Dame
Wisata Rohani
Saitnihuta-Tarutung
19
Makam Pendeta Johanes
Wisata Rohani
Pancur napitu - Tarutung
20
Makam Pendeta Johanes Siregar
Wisata Rohani
Muara

Rura Silindung :





Rura artinya lembah Lembah silindung meliputi Kecamatan Tarutung, Siatasbarita dan Sipoholon dengan luas 389,80Km².
Populasi penduduknya 66.970 jiwa, sebagian besar penghidupannya bertani.

Peradaban modern masyarakat Batak dengan masuknya para missionaris dari negara-negara Barat diawali dari Rura Silindung.

Pemandian Air Panas :

Sumber air panas yang di dalamnya terdapat kandungan belerang dan soda tersebar di beberapa tempat di Tapanuli Utara, antara lain di Kecamatan Pahae Jae, Sipoholon dan Pagaran. Lokasi sumber air panas ini sebagian telah dikembangkan dan diolah secara komersial untuk sarana mandi umum.

Fernando dan susana sumber mata air dilihat dari batu karang
Khusus air panas Sipoholon telah menjadi tempat persinggahan (stop over) para wisatawan yang mengadakan paket perjalanan wisata ke Medan, Parapat, Tarutung, Padang dan Sibolga

Tugu Makam
Tugu makam dirancang dalam berbagai gaya. Rancangan diilhami dari riwayat leluhur yang diekspresikan dalam bentuk patung dan diorama dengan gaya arsitektur khas Batak. Tugu makam yang berskala besar di Tapanuli Utara terdapat di beberapa lokasi.

Wisata Rohani :
SALIB KASIH TARUTUNG :
Obyek wisata agama salib kasih Siatas Barita terletak di Kecamatan Siatas Barita. Kawasan obyek wisata ini merupakan tempat beristirahat pertama misionaris Nommensen setelah sampai di Rura Silindung pada 11 Nopember 1863.

Dari puncak bukit Siatas Barita, DR.Ingwer Ludwig Nommensen berdiri memandang ke arah Rura Silindung di bawahnya. Lama Ia terpaku dan takjub akan keindahan panorama Tano Batak.

Maka Iapun berdoa , "Hidup atau mati, biarlah aku tinggal di tengah-tengah bangsa ini untuk menyebarkan firmanmu dan kerajaanMu."
Demikianlah peristiwa pada tahun 1863, ketika missionaris agama Kristen asal Jerman itu mengawali babak kehidupan baru bagi orang-orang Batak yang belum mengenal agama Kristen. Nommensen wafat tanggal 23 Mei 1918, dimakamkan di desa Sigumpar sekitar 60 Km utara Tarutung.

Pada tahun 1993/1994, sebagai penghormatan dan penghargaan atas jasa- jasanya, maka Pemda Tapanuli Utara membangun Salib Kasih dengan tinggi 31 meter di puncak bukit Siatas Barita. Pada waktu-waktu tertentu masyarakat Batak dan turis asing melakukan ibadah terbuka di tempat ini.

Obyek wisata ini merupakan primadona yang diminati dan ramai dikunjungi wisatawan manca negara maupun wisatawan lokal terutama pada hari-hari besar keagamaan dan libur


MAKAM PENDETA LEMAN DAN MUNSON :

Makam Pendeta Leman dan Munson di Lobu Pining, Misionaris yang hadir di Tano Batak lebih dahulu dari I.L. Nommensen, dimana kehadiran misionaris ini belum dapat diterima di Tano Batak,

Pada perjalanan waktu, kedua pendeta ini ditangkap dan bunuh oleh orang Batak, tepatnya di desa Lobu Pining.
Perjalanan dan kejuangan kedua pendeta ini menjadi cikal bakal pertumbuhan dan penyebaran agama Kristen di Tano Batak .


Tapanuli Utara yang berada di dataran tinggi, dimana banyak terdapat bukit dan gunung, menghasilkan sumber air panas dan air soda. Salah satu sumber air soda terdapat di desa Aek Siansimun.

Pemandian air soda yang merupakan obyek wisata pemandian yang amat menyejukkan dan menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan penyakit ngilu, dimana hanya ada 2 (dua) di dunia yakni di Venezuela dan di Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara.
INFORMASI YANG KAMI KUTIP DARI
Source :taputkab.go.id
dan berbagi sumber
http://www.go-indonesia.info/tarutung-2/



kunjungi website kami di http://humbahasgreen.blogspot.com ***LETS GO GREEN TO MAKE OUR COUNTRY BE BETTER MORE***Mewujudkan Humbang Hasundutan yang Hebat dan Bermentalitas Unggul** SUPPORTED FROM http://humbanghasundutankab.go.id/